HTML

HTML

Senin, 18 Februari 2019

Debat Kedua Calon Presiden Pemilu 2019

Image result for debat capres kedua
JAKARTA , MHI – Debat Putaran kedua calon presiden (Capres) 2019 digelar dan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2) pukul 20.00 WIB, Debat capres kedua mengangkat tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, infrastruktur kemudian Format debat capres kedua kali ini berbeda dengan debat pertama dikarenakan pada debat kedua ini, hanya menampilkan calon presiden tanpa wakil presiden. Joko Widodo melawan Prabowo Subianto.
f7aumh5hu4ribdcqiyw7
Debat Kedua ini dimoderatori oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki,dengan jumlah undangan yang dibatasi hanya 600 orang didalam ruangan.
Berdasarkan keterangan Karoop Polda Metro Jaya Kombes Slamet Hadi bahwa Pengamanan dalam debat kali ini melibatkan kurang lebih 2.981 personil gabungan Polri dan TNI yang diterjunkan dengan Pengamanan debat dibuat empat lapis dan difokuskan di sekitar Hotel Sultan, hingga kawasan Senayan, Jakarta.
Prabowo Subianto hadir di arena debat capres kedua di Hotel Sultan lebih dulu ,Sementara Jokowi tiba di lokasi debat sekitar pukul 19.23 WIB yang didampingi istrinya, Iriana Jokowi.
Penampilan Calon Presiden Jokowi kali ini tak berbeda jauh dengan gaya busananya saat debat capres pertama, 17 Januari lalu di Hotel Bidakara sedangkan penampilan calon presiden Prabowo Subianto terlihat formal mengenakan jas hitam lengkap dengan dasi merah dan peci hitam, Penampilan Prabowo ini relatif sama dengan penampilannya pada debat capres perdana.
Debat diMulai
Image result for debat capres kedua
Debat diawali dengan pernyataan Ketua KPU Arief Budiman yang mengundang dua calon presiden Jokowi dan Prabowo ke panggung debat.
Arief Budiman sempat memberikan sambutan sebelum memulai debat capres kedua. Dia menjelaskan bahwa tema debat capres kali ini adalah infrastruktur, energi dan pangan, Sumber Daya Alam dan lingkungan hidup.
Arief Budiman berharap debat kali ini bisa menjadi panduan bagi pemilih sebelum mencoblos, 17 April 2019.
Usai dua capres berada di panggung, debat dibuka dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
Penyampaian Tata Tertib Debat
Image result for debat Pilpres II 2019/ kumparan/ gif
KPU mengumumkan tata tertib debat. Diantaranya dilarang menyerang personal dan membawa contekan. Para pendukung lawan juga dilarang memprovokasi lawan.
Rencananya, debat akan dibagi ke dalam enam segmen. Di segmen pertama, para capres akan menjelaskan visi misi di bidang infrastruktur, energi dan pangan serta Sumber daya alam dan lingkungan hidup.
Di segmen pertama ini, kedua capres juga akan mengambil undian pertanyaan untuk pendalaman visi dan misi. Kemudian juga akan ada debat eksploratif yang merujuk pada video.
Segmen kedua, para capres akan memberikan pendalaman visi misi di bidang infrastruktur, energi dan pangan. Di segmen ketiga, para capres melakukan pendalaman soal visi misi di bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup.
Segmen empat, KPU akan memutarkan video sesuai tema debat. Nantinya selama 16 menit kedua capres akan beradu gagasan dan diberikan kesempatan untuk menanggapi video dan juga menanggapi pernyataan lawan soal video tersebut.
Pada segmen kelima, capres diberikan kesempatan untuk saling bertanya dan saling menanggapi. Pertanyaan seputar tema debat, infrastruktur, energi dan pangan, serta Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup.
Di segmen terakhir, masing-masing capres memberikan pernyataan Pamungkas dan Visi-Misinya.
MHI Image result for media hukum indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Postingan Terupdate

Sidang Perkara No. 14/PUU-XXII/2024, Ahli : Sebagian Besar Notaris Berusia 70 Tahun Masih Kompeten Menjalankan Tugas

JAKARTA, MHI – Sidang permohonan uji materiil Pasal 8 ayat (1) huruf b dan Pasal 8 ayat (2) Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabata...

Postingan Terkini

Pilihan Redaksi