HTML

HTML

Senin, 26 Juni 2017

Indahnya Bermain Gamelan Jawa Jadi Santapan Para Penikmat Seni diNew York

workshop Gamelan Jawa3
NEW YORK ,24 Juni 2017- KJRI New York tidak henti-hentinya melakukan kegiatan promosi budaya Indonesia di wilayah kerjanya. Kali ini, promosi tersebut berasal dari tanah Jawa dan melalui jalur musik tradisional, Selasa .
Bertempat di Ruang Pancasila, KJRI New York mengadakan Workshop Gamelan Jawa kepada para penikmat seni lokal New York. Acara ini merupakan rangkaian acara World Music Institute (WMI) bertajuk WMI PLUS: Gamelan Workshop.
WMI merupakan sebuah organisasi internasional yang memfokuskan kegiatannya kepada pengenalan dan perkembangan dunia musik dan tari internasional di wilayah Amerika. WMI menggandeng Gamelan Kusuma Laras yang merupakan kelompok Gamelan Jawa binaan KJRI New York untuk mengadakan workshop kepada masyarakat lokal New York dan sekitarnya.

Acara yang dimulai pada pukul 18:30 ini sukses menyedot perhatian sekitar 50 orang yang hadir. Para peserta berasal dari berbagai macam latar belakang yang kebanyakan merupakan pecinta seni musik tradisional. Acara diawali dengan pengarahan dan pemberian materi dari pembina Gamelan Kusuma Laras, I.M. Harjito. Bapak Harjito memberikan pengenalan singkat mengenai alat musik Gamelan, sejarah, serta cara memainkannya.
Setelah itu, peserta dibagi tiga kelompok dimana setiap kelompok langsung dapat mencoba memainkan gamelan melalui arahan dari Pak Harjito. Satu persatu peserta mencoba memukul gamelan, gong, dan gendang Jawa secara berirama. Walaupun nampak guratan kebingungan di wajah peserta, namun lama kelamaan mereka menjadi terbiasa dan terlihat sangat menikmati permainan gamelan tersebut.
FOG-2
Tidak hanya dapat mencicipi langsung bagaimana bermain Gamelan Jawa Khas Indonesia, peserta pun diajak untuk mencicipi nikmatnya hidangan khas Indonesia. Menu yang disajikan diantaranya sate ayam, kue serabi, pastel, dan es cendol. Beragam perasaan muncul dari para peserta dalam menikmati makanan Indonesia untuk pertama kalinya. Dari yang mengatakan sangat lezat dan belum pernah merasakan rasa masakan seperti ini sebelumnya, hingga yang tidak menyangka bahwa bahan-bahan makanan yang dirasa aneh untuk diolah ternyata dapat menghasilkan makanan yang sangat menggugah selera. Ada pula beberapa peserta lokal yang pernah mengunjungi Indonesia merasakan kembali memori-memori saat di Indonesia dahulu ketika menikmati kembali masakan Indonesia tersebut.
Melalui kegiatan-kegiatan pengenalan budaya Indonesia seperti ini, KJRI New York berusaha untuk dapat menaikkan citra positif Indonesia dan dapat membuka mata kepada masyarakat lokal New York akan keindahan asli Indonesia. Selain itu pula, dengan kerjasama yang baik antara KJRI New York, WMI, dan Gamelan Kusuma Laras diharapkan dapat membantu Gamelan Kusuma Laras untuk dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat New York dalam usahanya untuk mengenalkan budaya Gamelan Jawa Indonesia di Amerika.
(Stevent) MHI 
Sumber:(KJRI New York)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Postingan Terupdate

Sidang Perkara No. 14/PUU-XXII/2024, Ahli : Sebagian Besar Notaris Berusia 70 Tahun Masih Kompeten Menjalankan Tugas

JAKARTA, MHI – Sidang permohonan uji materiil Pasal 8 ayat (1) huruf b dan Pasal 8 ayat (2) Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabata...

Postingan Terkini

Pilihan Redaksi