HTML

HTML

Sabtu, 08 April 2017

Siswa dan Guru SMA AGLP Menjadi Wakil Indonesia Dalam Simulasi Sidang PBB

ATHENA,05 April 2017, KBRI Athena menerima kunjungan para siswa dan guru sekolah menengah atas A’Arsekeio Geniko Lykeio Psychikou, Athena, yang akan menjadi wakil Indonesia dalam simulasi sidang PBB, the 2nd Model United Nations (AMUN) di Patras, 27-30 April 2017.
Pada kesempatan tersebut dibahas kebijakan Indonesia terkait dengan isu-isu strategis internasional yaitu lingkungan (climate change), keamanan (terrorisme), upaya perdamaian internasional, kerjasama bilateral dan multilateral, perkembangan ekonomi global (green economy, sustainable development) dan HAM (human trafficking dan humanitarian assistance).
Kepada para siswa dan guru, selain dijelaskan mengenai kebijakan Indonesia pada isu-isu yang dibahas dalam General Assembly Committees, juga diuraikan keterangan dasar Indonesia dan prinsip politik luar negeri Indonesia. Untuk lebih memberikan pemahaman tentang perkembangan ekonomi politik dan keanekaragaman budaya Indonesia, ditayangkan video tentang Indonesia.
Para siswa dan guru menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada KBRI Athena atas penerimaan dan informasi yang lengkap tentang Indonesia. Dikatakan bahwa mereka memilih menjadi wakil Indonesia karena Indonesia dinilai sebagai negara yang mempunyai peran strategis dalam politik dan ekonomi internasional dan keanekaragaman budaya.
Selain itu, mereka juga mendapatkan referensi dari rekan satu sekolah mereka dan sekolah lain yang sebelumnya telah menjadi wakil Indonesia dalam kegiatan MUN.
Terdapat beberapa kegiatan simulasi sidang UN yang diikuti oleh sekolah-sekolah terkemuka di Yunani. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan  keterampilan negosiasi dan pengetahuan para siswa tentang isu-isu global terkini melalui pengenalan sosial, budaya dan politik negara yang diwakili.
Setiap tahun setidaknya dua sekolah di Athena memilih menjadi wakil Indonesia dalam simulasi sidang UN. Adanya “wakil” Indonesia dalam berbagai kegiatan Model United Nations, menunjukan minat dan ketertarikan pelajar Yunani terhadap Indonesia. Diharapkan melalui kegiatan UN Model peranan Indonesia dalam diplomasi internasional akan semakin dikenal oleh masyarakat Yunani khususnya generasi muda.
(Joshua) MHI 
Sumber: Pensosbud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Postingan Terupdate

Sidang Perkara No. 14/PUU-XXII/2024, Ahli : Sebagian Besar Notaris Berusia 70 Tahun Masih Kompeten Menjalankan Tugas

JAKARTA, MHI – Sidang permohonan uji materiil Pasal 8 ayat (1) huruf b dan Pasal 8 ayat (2) Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabata...

Postingan Terkini

Pilihan Redaksi